Friday, October 2, 2015

Tips Membeli Tenda Camping bagi Para Pecinta Alam






Bagi para pecinta alam, tidur di dalam tenda camping jelas bukan sesuatu yang asing lagi dialami. Tenda ini menjadi rumah penting kala kita berada di alam terbuka. Tenda ini memiliki peran vital yang tak bisa diabaikan. Ia merupakan perlengkapan camping paling vital. Karena penggunaannya yang sangat penting tersebut, tak heran banyak para pencinta alam yang mendambakan membeli peralatan camping ini. Untuk membeli tenda camping yang paling tepat sendiri, gunakan 5 tips membeli tenda camping berikut ini:

1. Tinggi Tenda
Tenda yang digunakan untuk mendaki gunung, biasanya memiliki tinggi yang lebih rendah dibanding tenda yang digunakan untuk sekedar camping biasa. Sebab, tiupan angin di gunning lebih kencang. Penggunaan tenda yang tinggi di daerah dataran tinggi, justru bisa berakhir sia-sia karena membuat tenda rentan rubuh. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan aktivitas yang sekiranya akan banyak kita lakukan dengan tenda tersebut.

2. Bahan

Bila kita hanya akan menggunakan tenda tersebut untuk camping di wilayah yang suhunya tak terlalu rendah, aman-aman saja bila kita memilih tenda dari bahan katun. Namun bila kita mencari tenda untuk mendaki gunung dan bermalam di tempat yang suhunya rendah, jangan sekali-kali menggunakan tenda dari katun. Katun merupakan material yang tidak bisa mengisolasi penghuninya dari paparan suhu luar dengan baik. Katun juga tidak bisa melindungi saat terjadi hujan. Bila kita membutuhkan tenda untuk memanjat, sebaiknya pilih tenda yang terbuat dari nylon.

3. Jarak antara Flysheet dan Bagian Dalam Tenda
Perhatikan jarak antara flysheet dengan dinding tenda. Jarak yang baik ialah satu jengkal. Dengan demikian, bagian dalam tenda tak menempel langsung pada flysheet, sehingga bila terjadi hujan, bagian dalam tenda tidak akan ikut basah terkena flysheet.

4. Lembar Flysheet
 
Lembar flysheet sangat berguna untuk melindungi kala hujan. Jadi sebaiknyab kita memperhatikan keberadaan komponen ini sekiranya kita akan camping pada wilayah yang sering terjadi hujan.

5. Tali Pengencang
 
Perhatikan keberadaan sekaligus kualitas tali pengecang tenda. Keberadaan tali ini penting agar tenda semakin kuat dan tidak mudah roboh. Apalagi, bila kita camping di wilayah berangin kuat yang cenderung bisa merobohkan tenda yang sudah didirikan. Pada tenda gunung sendiri, keberadaan dan kualitas tali harus sangat diperhatikan.


Dengan 5 tips di atas, harapannya kita bisa mendapatkan tenda camping terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan. Dapatkan tenda yang paling tepat di tempat jual tenda camping yang bagus. Alangkah menguntungkannya bila kita bisa mendapatkan tenda yang bagus dengan harga yang sedikit miring. Kita sebenarnya juga bisa mengusahakan dengan membeli saat momen-momen menguntungkan seperti cuci gudang, pameran, dan promo dimana banyak tenda camping yang bagus dijual dengan harga lebih terjangkau.

No comments:

Post a Comment