Thursday, October 15, 2015

Alat DJ Standar untuk Pemula


Profesi DJ atau Disc Jockey tentu tak terlepas dari alat DJ yang digunakannya. Seorang DJ tanpa peralatan DJ sama saja dengan gitaris tanpa alat musik gitar. Meski demikian, peralatan seorang DJ jelas jauh lebih kompleks daripada peralatan yang diperlukan oleh seorang gitaris. Seorang Disc Jockey tidak bisa mengandalkan satu macam alat saja. Ia memerlukan peralatan yang jumlahnya lebih banyak dan juga lebih kompleks. Berbeda dengan anggapan orang bahwa seorang DJ hanya tinggal memutar lagu yang sudah ada, kenyataannya menjadi DJ tidak semudah itu. Seorang DJ harus menguasai lagu yang akan ia putar. Ia juga harus memiliki kemahiran dalam meramu lagunya dengan alat-alat DJ yang digunakan. Tanpa itu, ia jelas akan kehilangan audiensnya.



Seiring dengan meningkatnya kepopuleran musik DJ, kini banyak pula yang tertarik untuk menggeluti profesi ini. Mereka yang benar-benar awam pun mulai bertanya-tanya mengenai alat DJ yang cocok untuk digunakan. Bagi yang masih benar-benar pemula, akan lebih baik membeli alat yang basic saja. Hindari membeli peralatan DJ yang benar-benar canggih bahkan bila Anda memiliki dana untuk memenuhi biaya yang diperlukan. Sebab, bukan tidak mungkin Anda sebenarnya tidak menyukai profesi ini. Jadi, mulailah dengan membeli alat yang mendasar terlebih dahulu. Untuk belajar menjadi DJ sendiri, setidaknya siapkan dua hal berikut ini:
  1. Rekaman suara atau lagu. Rekaman tersebut harus sudah Anda siapkan sebagai materi dan siap digunakan baik tersimpan dalam itu MP3, CD, maupun piringan hitam.
  2. Alat playback.


Di pasaran, biasanya sudah tersedia berbagai alat DJ yang bisa dibeli oleh pemula. Tempat jual alat DJ tersebut pun sudah bisa diakses dengan mudah di kota-kota besar. Berdasarkan jenisnya, peralatan DJ yang bisa Anda pilih terbagi atas dua kategori. Yang pertama adalah DJ Tool Hardware dan yang kedua adalah DJ Tool Digital. Sebagaimana namanya, DJ Tool Hardware adalah peralatan DJ konvensional yang penggunaannya sebagaimana alat lain pada umumnya. Sedangkan DJ Tool Digital adalah peralatan DJ yang hanya memerlukan software DJ.



Dari sisi harganya, alat DJ software jelas lebih murah dibanding harga alat DJ hardware. Dari sisi ini, Anda yang masih pemula maupun yang sedang berhemat bisa memanfaatkan alat yang masih berupa software. Meskipun hanya memanfaatkan software, namun kualitas karya yang dihasilkan pun tak akan kalah dengan yang dihasilkan lewat alat hardware. Kesimpulan yang sama disarankan bila pemilihan antara alat yang software dan hardware dilihat dari sisi kemudahannya. Menggunakan alat yang masih berbentuk software jelas lebih mudah dibanding yang berbentuk hardware. Namun demikian, Anda yang terlalu terbiasa dengan software tool jelas tak akan menjadi terbiasa dengan alat yang berbentuk hardware. Bila Anda sejak awal memang sudah serius ingin bergelut profesional dengan alat DJ, memang lebih cocok bila Anda langsung menggunakan yang hardware meski harga DJ yang harus Anda bayarkan lebih mahal.

No comments:

Post a Comment