Sunday, October 11, 2015

Membaca Buku Biografi Lebih Dekat dengan Berbagai Tokoh


Buku biografi merupakan jenis buku yang isinya merupakan perjalanan hidup seorang tokoh yang mampu menginspirasi pembacanya. Tidak hanya tokoh-tokoh bersejarah namun tokoh inspiratif lainnya seperti seniman, ilmuwan, hingga politikus pun bisa membukukan perjalanan hidupnya tersebut. Namun, memang kisah yang diceritakan biasanya hanya yang menarik dan sarat akan pelajaran hidup saja, termasuk yang sebelumnya belum pernah diketahui orang lain sebagai bagian dari kejutan untuk pembaca yang akan membuat mereka penasaran.


Pemilihan buku biografi dari tokoh-tokoh bersejarah biasanya bertujuan agar sebagai pembacanya Anda tidak melupakan sejarah. Karena biografi tidak ditulis langsung oleh tokoh yang diceritakan dalam buku tersebut, maka pilih yang ditulis oleh penulis terkenal yang biasa menulis buku biografi dengan alur yang menarik serta pemilihan kisah yang memang mampu membangkitkan semangat Anda. Sebagai motivasi agar Anda juga bisa menjadi tokoh inspiratif seperti tokoh utama dalam buku tersebut dengan memberikan lebih banyak lagi manfaat untuk bangsa ini.



Namun, dibandingkan buku biografi tokoh bersejarah, di kalangan anak muda biografi dari tokoh-tokoh musik atau ilmuwan dunia yang lebih erat kaitannya dengan jaman sekarang memang lebih banyak disukai. Mereka berpendapat isinya lebih seru baik dalam pemilihan kalimat yang digunakan, pemilihan kisahnya, hingga bagaimana pesan ditegaskan di dalamnya. Harga jual buku biografi tidak begitu berpengaruh pada pemilihan buku tersebut. Isi dan penyampaiannya merupakan pertimbangan utama. Jika ceritanya mereka anggap sudah sering diceritakan dan tidak asing lagi, sekalipun buku tersebut ditawarkan dalam harga yang sangat murah, kebanyakan tidak memilihnya.



Biografi sebetulnya bisa dijadikan salah satu referensi untuk Anda dalam mengenal tokoh dari berbagai perspektif. Satu tokoh yang diceritakan dalam berbagai buku dari berbagai kalangan penulis yang bisa saja orang yang berlawanan dengan tokoh tersebut terasa sangat menarik. Tanpa merubah pandangan Anda, tapi bisa menjadi bagian dari pemahaman kenapa orang tersebut berlawanan dengan tokoh dalam bukunya. Apalagi jika tokoh yang diceritakan merupakan tokoh idola atau panutan Anda selama ini.




Anda bisa mengenal siapa penulis terbaik dari berbagai buku tersebut. Tidak hanya dari gaya tulisannya atau pandangannya terhadap tokoh tersebut saja. Anda pun bisa melihat sumber-sumber informasi yang digunakan dalam buku tersebut. Akan Anda ketahui mana penulis yang memiliki riset dengan begitu detail sebelum menulis sehingga selain memiliki tulisan berkualitas, informasinya pun bisa dipercaya dan memberi pengetahuan yang lebih banyak lagi bagi pembacanya.
Membaca biografi dari tokoh-tokoh yang masih ada dan yang sudah meninggal memang akan terasa sekali perbedaannya. Walaupun tokoh yang masih ada kebanyakan juga menuliskan biografinya menggunakan jasa penulis professional. Apa yang disampaikan dalam buku biografi tersebut mudah untuk kita dapatkan informasi benar atau tidaknya apa yang tertulis di sana,


No comments:

Post a Comment